Sosial Media
0
News
    Loading..
    Home Android Info News Maps

    Cara Melihat Foto Tahun ke Tahun di Google Maps

    "Cara melihat foto-foto lokasi zaman dahulu dari tahun ke tahun dengan memanfaatkan fitur Google Maps Street View. Jadi nostalgia dengan mudah nih!"

    3 min read

    Cara Melihat Foto Tahun ke Tahun di Google Maps

    Bagi sebagian besar dari kita, Google Maps mungkin hanyalah alat bantu untuk menemukan arah ketika tersesat di jalan atau sekadar memeriksa rute tercepat menuju tempat tujuan. Namun, tahukah kalian bahwa Google Maps menyimpan fitur yang lebih keren dari itu? Fitur ini memungkinkan kita untuk melihat bagaimana suatu tempat berubah dari tahun ke tahun. Sehingga, kita bisa menjelajahi masa lalu hanya dengan beberapa klik!

    Artikel CatatanDroid kali ini akan memandumu bagaimana cara menggunakan fitur tersembunyi di Google Maps untuk melihat perubahan di suatu tempat dari waktu ke waktu. Penasaran kan? Yuk simak bersama ulasannya!


    Melihat Foto Jadul di Street View Google Maps

    Google Maps sebenarnya bukan hanya alat untuk mencari lokasi di masa kini. Fitur Time Travel di Google Maps memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk kembali flashback ke suasana masa lalu. Misalnya, jika kamu penasaran bagaimana perkembangan sebuah kota dalam sepuluh tahun terakhir, fitur ini bisa memberikan gambarannya. Ingin tahu bagaimana bentuk jalan rumah masa kecilmu dulu? Atau sekadar ingin melihat perkembangan pembangunan di kotamu? Google Maps punya jawabannya.

    Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa melihat perubahan secara visual dari tahun ke tahun. Kamu bisa menyaksikan bangunan-bangunan baru bermunculan, jalan yang awalnya sempit kini diperlebar, atau bahkan area hijau yang berubah menjadi pusat perbelanjaan. Kemampuan ini tentu sangat berguna untuk mereka yang berkepentingan dalam bidang properti, perencanaan kota, atau bahkan bagi orang awam yang sekadar penasaran.


    Cara Pakai Google Maps untuk Melihat Perubahan Tempat

    Sebelum kita mulai, pastikan kamu sudah membuka Google Maps di perangkat komputermu, karena fitur ini tidak tersedia di aplikasi mobile. Sekarang, kita akan langsung masuk ke langkah-langkahnya:

    1. Buka Google Maps dan Pilih Detail Peta Street View
      Langkah pertama cukup sederhana. Buka Google Maps seperti biasa. Namun, ubah tampilan peta menjadi mode Street view. Untuk melakukannya, klik ikon layer di sisi kanan atas layar dan pilih “Street View”.
      Dengan memilih Street View, kamu akan melihat gambar peta dengan garis biru yang menebal di bagian jalan peta. Tampilan ini sangat penting untuk membantu melihat detail perubahan tempat berdasarkan jalanan terdekat.
    2. Cari Lokasi yang Ingin Dilihat
      Setelah mengubah tampilan peta, saatnya mencari lokasi yang ingin kamu lihat. Kamu bisa mengetikkan nama lokasi di kolom pencarian atau menavigasi secara manual dengan menggeser-geser peta. Sebagai contoh, kamu mungkin ingin melihat bagaimana kota besar seperti Jakarta berubah selama beberapa tahun terakhir. Kamu bisa mengetikkan "Jakarta" di kolom pencarian, dan peta akan langsung menampilkan kota tersebut.
      Jika kamu ingin melihat lokasi yang lebih spesifik, seperti rumah atau tempat kerjamu, zoom in pada peta sampai kamu menemukan tempat yang dimaksud.
    3. Menandai Lokasi
      Ketika lokasi yang ingin kamu lihat sudah ditemukan, sekarang kita perlu menandai titik tersebut agar bisa melihat perubahan dari tahun ke tahun. Caranya, klik pada garis biru terdekat di lokasi yang ingin kamu lihat. Maka akan muncul foto tampilan jalan di sisi atas layar dan maps di sisi bawah.
    4. Mengaktifkan Fitur Time Travel
      Setelah tampilan layar terbagi dua, kamu akan melihat sebuah kotak kecil muncul di paling bawah layar. Jika kotak tersebut belum menampilkan opsi tanggal atau tahun, jangan khawatir. Kamu hanya perlu mengklik bagian kosong di peta (misalnya area kosong di sekitar lokasi), dan tulisan "Lihat tanggal lainnya" untuk melihat perubahan dari tahun ke tahun akan muncul secara otomatis.
      Tap tulisan tersebut, dan akan muncul slider timeline waktu di bagian bawah layar. Slider ini memungkinkanmu untuk memilih tahun yang kamu inginkan. Google Maps akan menampilkan foto jalan dari tahun tersebut. Kamu bisa dengan mudah menggeser slider ke kiri atau ke kanan untuk memilih tahun yang ingin dilihat.

    Mengatasi Masalah Jika Opsi Tahun Tidak Tersedia

    Salah satu hal yang mungkin sedikit membingungkan adalah jika Google Maps tidak menyediakan opsi tahun untuk lokasi tertentu. Ini terjadi karena tidak semua tempat memiliki rekaman foto satelit dari tahun-tahun sebelumnya.

    Namun, jangan kecewa dulu! Solusinya adalah dengan sedikit menggeser peta ke area sekitar. Biasanya, ada tempat di dekat lokasi yang ingin kamu lihat yang memiliki rekaman dari tahun-tahun sebelumnya. Jika area yang kamu pilih ternyata tidak memiliki data sebelumnya, cobalah pindahkan sedikit pin ke lokasi lain yang berdekatan.


    Penutup Fitur History Street View Google Maps

    Menjelajah masa lalu dan melihat perubahan suatu tempat dari tahun ke tahun dengan Google Maps memang bukan hanya sekadar fitur biasa. Ini adalah pengalaman yang memungkinkan kita memahami bagaimana dunia di sekitar kita berkembang. Fitur ini cocok digunakan untuk riset, perencanaan, hingga sekadar bernostalgia melihat tempat-tempat yang pernah kita kenal. Dengan langkah-langkah sederhana yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa mulai menikmati perjalanan waktu visual ini. Siapkah kamu menjelajahi masa lalu? Google Maps sudah siap membantumu!

    Komentar

    Kami mungkin memperoleh komisi ketika Anda mengklik tautan ecommerce dan membeli barang.
    Info lebih lanjut.

    Additional JS