Sosial Media
0
News
    Loading..
    Home Info News

    Fungsi Artificial intelligence Yang Terus Berkembang Di Kehidupan Sehari - Hari!

    "Dari asisten virtual hingga pusat data canggih, beragam fungsi AI untuk berbagai aspek kehidupan kita. Baca manfaat lengkapnya dalam artikel kali ini."

    3 min read

    Fungsi Artificial intelligence Yang Terus Berkembang Di Kehidupan Sehari - Hari!

    Artificial intelligence (AI) atau yang juga disebut dengan kepintaran buatan kini menjadi salah satu teknologi yang paling banyak dikembangkan. Dengan berbagai kemungkinan, Ai ini bisa memberikan banyak manfaat. Bahkan fungsi Artificial intelligence pun sudah mulai berkembang dalam ranah kehidupan sehari-hari, kebutuhan pribadi, sampai bisnis.

    Dengan banyaknya penggunaan teknologi, kegunaan AI pun tidak terelakkan. Bahkan secara sadar atau tidak, AI ini sudah terintegrasi dalam aspek kehidupan kita. Seperti apa? Sebut saja dalam penerjemahan bahasa sampai personalisasi konten. Bahkan, saat ini disrupsi Ai juga mencapai ke dan infrastruktur komunikasi lokal. Seperti apa contohnya? 


    Fungsi AI Dalam Kehidupan Sehari Hari 

    1. Asisten Virtual 

    Menjadi asisten virtual yang saat ini banyak berkembang sebagai bentuk dari perwujudan AI yang digunakan sehari hari. Contoh paling mudahnya adalah Google Assistant, Siri, dan Alexa. Kehadiran teknologi ini bisa membantu banyak kebutuhan. Mulai dari mencari informasi di internet, memberi pengingat untuk jadwal dan tugas penting, dan lain lain. 

    Penggunaan teknologi Artificial intelligence ini bahkan merambah ke perangkat dan produk pintar. Sebut saja seperti smart home dan smart appliance. Jadi pengendalian perangkat rumah bisa dibantu dengan Ai. Penerapan teknologi ini membuat kebutuhan dan aktivitas sehari hari lebih efisien, terstruktur, dan mudah. 

    2. Diagnostic Medis

    Tidak hanya sehari hari, diagnostik medis juga bisa diselesaikan dan dikerjakan lebih optimal. Teknologi AI dapat memberikan kemampuan analisis data yang lebih canggih, terperinci, akurat, dan mendetail. Dengan demikian, identifikasi dan diagnostik medis bisa lebih cepat dan tepat untuk menyelamatkan pasien. 

    3. Pencarian Informasi 

    Pencarian informasi juga semakin mudah dengan adanya bantuan Ai. Yang paling mudah digunakan adalah Ai tool, seperti chatGPT atau Gemini. Dengan fitur tersebut, maka akan lebih mudah mencari informasi dan detail. Bahkan dua aplikasi tersebut bisa membantu mengerjakan banyak perintah, sampai sampai menjawab pertanyaan. 

    Bantuan ini tentu sangat bermanfaat untuk kebutuhan pencarian data, informasi, dan detail di internet. Sebut saja untuk penulis atau konten kreator yang membutuhkan informasi. Dalam skala tertentu, informasi yang didapat bisa mencakup bertindak sebagai penerjemah bahasa yang mana sangat membantu untuk kebutuhan traveling atau percakapan. 

    4. Membantu Manajemen Pribadi atau bisnis

    Artificial intelligence bisa membantu manajemen pribadi dan bisnis dengan baik. Di skala bisnis, contoh tepatnya adalah manajemen rantai pasokan, pengoptimal harga, prediksi pasar, sampai analisis data penjualan. Dengan demikian, bisnis bisa berjalan dengan optimal bahkan otomatis berjalan sendiri tanpa perlu pemilik turun tangan.

    Dari segi pribadi, Ai untuk manajemen ini bisa diterapkan di banyak hal. Seperti contohnya manajemen keuangan pribadi. Kamu bisa pakai Ai untuk bantu menghitung pemasukan, membuat anggaran keuangan, sampai kebutuhan belanja. Tidak jarang fitur Ai ini juga bisa memberikan saran untuk kebutuhan investasi yang menguntungkan.  

    5. Proses Analisis Data 

    Selain dari sisi penggunaan sehari hari, teknologi Ai yang sudah dikembangkan dan diterapkan di dunia bisnis juga banyak. Yang paling dasar sebenarnya untuk menggali informasi dan wawasan berharga dari data. Fungsi data analisis ini menjadi jawaban dan juga bantuan paling efisien untuk digunakan di data yang besar. 

    Algoritma artificial intelligence yang semakin pintar bisa dikembangkan untuk menjalankan pola, tugas, bahkan informasi khusus. Alhasil, bisa digunakan untuk mengidentifikasi data yang dibutuhkan. Sebut saja seperti tren data, pola data, sampai peluang bisnis. Penggunaan AI dan komputasi yang lebih baik juga mengurangi resiko human error yang fatal. 

    6. Otomasi Proses Bisnis

    Penerapan Ai di dunia bisnis bisa juga dimasukkan ke hampir seluruh aspek pekerjaan. Sebut saja chatbot Ai yang bisa berjalan selama 24/7 untuk memberikan dukungan pelayanan otomatis. Begitu juga dengan otomatisasi tugas rutin dan berulang seperti pengolahan dokumen, manajemen inventaris, rantai pasokan, dan lain lain. Sehingga lebih hemat waktu dan biaya. 

    7. Peningkatan Layanan Data center Cloud

    Di sisi infrastruktur, disrupsi Ai ini menjadi tantangan karena pelanggan pun pasti ingin peningkatan pelayanan. Disini, IOH atau Indosat Ooredoo Hutchison bekerja sama dengan Nvidia untuk menyediakan teknologi GPU dan Ai demi meningkatkan fungsi data center dengan kecepatan mencapai 400 Gbps.

    Penggunaan Data Center berteknologi Ai cloud global dan GPU Nvidia yang tangguh, maka pelayanan dari provider komunikasi lokal ini akan semakin baik. Data center sendiri membuka peluang untuk proses penyimpanan data, informasi, dan server komputer yang lebih canggih. Seperti apa detailnya? Cek artikel dari Indosat berikut ini https://ioh.co.id/portal/id/iohcorparticledetail?_id=20013818

    Disrupsi Ai yang semakin masif ini terbukti dari penggunaan Artificial intelligence yang luas. Dari skala pribadi atau sehari hari, fungsi untuk membantu pencarian informasi dan asisten virtual sudah cukup sering. Dari sisi penyedia infrastruktur komunikasi, IOH siap beri data center yang lebih handal. Kalau kamu bagaimana? Sudah merasakan kemampuan AI? 


    Sumber:
    https://www.cloudeka.id/id/berita/teknologi/manfaat-artificial-intelligence/

    Komentar

    Kami mungkin memperoleh komisi ketika Anda mengklik tautan ecommerce dan membeli barang.
    Info lebih lanjut.

    Additional JS