Sosial Media
0
News
    Loading..
    Home Apps iOS

    Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone Tanpa PC

    "Temukan cara mudah memindahkan data dari Android ke iPhone dengan menggunakan aplikasi Pindah ke iOS. Baca panduan lengkapnya di sini!"

    4 min read

    Pernahkah kalian mengalami situasi di mana kalian baru saja membeli iPhone baru, tetapi bingung bagaimana cara memindahkan data dari perangkat Android kalian? Tenang, kalian tidak sendirian! Banyak orang menghadapi tantangan yang sama saat mereka beralih dari Android ke iPhone. 

    Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan membantu kalian memahami langkah-langkah yang perlu kalian ikuti untuk memindahkan data dengan mudah dari Android ke iPhone, iPad atau iPod touch. Jadi, siapkan diri kalian dan mari kita mulai!

    cara memindahkan data dari android ke iphone


    Beralih ke iPhone Baru

    Mungkin kalian yang baru saja memutuskan untuk merasakan pengalaman menggunakan iPhone akan sangat bersemangat untuk memulai penggunaan, namun ada satu hal yang muncul di benak: memindahkan data dari perangkat Android! Tentu saja, kita tidak ingin kehilangan kontak, pesan, foto, atau file penting yang kalian miliki di perangkat Android, bukan?

    Nah, disinilah langkah-langkah yang perlu kalian ikuti untuk memindahkan data dengan mudah dari Android ke iPhone baru kalian. Catatandroid telah merangkum panduan dan langkah-langkah di bawah ini agar data-data penting dapat berpindah dengan mulus ke iPhone, yuk disimak!

    1. Persiapan

    Sebelum memulai proses pemindahan data, kalian perlu mempersiapkan perangkat Android dan iPhone baru kalian. Pastikan Wi-Fi di perangkat Android kalian sudah dinyalakan dan colokkan kedua perangkat ke daya untuk menghindari kehabisan baterai saat proses pemindahan sedang berlangsung. Selain itu, pastikan juga bahwa konten yang ingin kalian pindahkan, termasuk konten dalam kartu Micro SD eksternal, akan cukup ditampung di perangkat iPhone baru kalian.

    Untuk memulai pengaturan perangkat Apple baru kalian, nyalakan perangkat dan ikuti petunjuk pengaturan yang muncul di layar. Pada layar Mulai Cepat, kalian dapat memilih opsi "Atur Secara Manual" dan lanjutkan dengan mengikuti petunjuk selanjutnya. Pada tahap ini, kalian mungkin diminta untuk mengaktifkan eSIM.

    2. Gunakan "Pindah ke iOS" App

    Saat kalian telah siap untuk memulai pemindahan data, langkah berikutnya adalah download aplikasi "Pindah ke iOS" yang disediakan oleh Apple di Google Play Store, atau bisa juga dengan mengetuk tombol kode QR di perangkat iPhone baru kalian dan pindai dengan menggunakan kamera perangkat Android untuk lansung menuju Google Play Store.

    Setelah kalian membuka aplikasi "Pindah ke iOS", kalian akan melihat opsi "Lanjutkan" di layar. Ketuk opsi ini dan baca dan setujui syarat dan ketentuan yang ditampilkan. Jika kalian telah menyetujui syarat dan ketentuan, kalian dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.

    3. Mendapatkan Kode

    Pada langkah ini, kalian akan mendapatkan kode yang diperlukan untuk menghubungkan kedua perangkat. Pada perangkat iPhone kalian, ketuk opsi "Lanjutkan" ketika kalian melihat layar "Pindah dari Android". 

    Tunggu beberapa saat hingga muncul kode sepuluh digit atau enam digit. Jika perangkat Android kalian memberikan peringatan tentang koneksi internet yang lemah, jangan khawatir, cukup abaikan peringatan tersebut.

    4. Memasukkan Kode

    masukan kode perpindahan data android ke iphone
    image: support.apple.com

    Sekarang, masukkan kode yang telah muncul di perangkat Android kalian. Pastikan kode yang kalian masukkan benar agar proses pairing kedua perangkat dapat terhubung dengan benar.

    5. Menghubungkan ke Jaringan Wi-Fi Sementara

    Perangkat iPhone kalian akan membuat hubungan jaringan Wi-Fi sementara, ketuk "Hubungkan" di perangkat Android kalian. Tunggu sejenak hingga layar "Transfer Data" muncul. (prosesnya mirip seperti jika kalian sering menggunakan aplikasi shareit atau shareme)

    6. Memilih Konten dan Menunggu

    Sekarang, di perangkat Android kalian, pilih konten yang ingin kalian transfer ke iPhone kalian. Setelah kalian memilih konten tersebut, ketuk "Lanjutkan" dan jangan khawatir jika perangkat Android kalian menampilkan bahwa prosesnya sudah selesai. 

    Jangan menggunakan kedua perangkat kalian sampai bar pemuatan yang muncul di perangkat iPhone kalian selesai. Pastikan kedua perangkat tetap terhubung dan tersambung ke sumber daya listrik hingga proses transfer selesai. Proses transfer ini bisa memakan waktu yang cukup lama, tergantung pada jumlah konten yang kalian pindahkan.

    Konten yang dapat kalian transfer termasuk kontak, riwayat pesan, foto dan video kamera, album foto, file dan folder, pengaturan aksesibilitas, pengaturan layar, penanda web, akun email, pesan dan media WhatsApp, serta kalender. 

    Beberapa aplikasi gratis juga akan ditransfer jika aplikasi tersebut tersedia baik di Google Play maupun di App Store. Setelah proses transfer selesai, kalian dapat mengunduh aplikasi gratis lainnya yang sesuai dengan kebutuhan kalian dari App Store.

    7. Mengatur Perangkat iOS

    Setelah bar pemuatan selesai di perangkat iOS kalian, ketuk "Selesai" di perangkat Android kalian. Kemudian, ketuk "Lanjutkan" di perangkat iOS kalian dan ikuti langkah-langkah yang muncul di layar untuk menyelesaikan pengaturan perangkat iOS kalian.


    Penyelesaian

    Pastikan semua konten kalian telah berhasil ditransfer. Namun, perlu diingat bahwa musik, buku, dan file PDF perlu dipindahkan secara manual. 

    Jika kalian ingin mendapatkan aplikasi yang sebelumnya ada di perangkat Android kalian, kalian dapat mengunjungi App Store di perangkat iOS kalian untuk mengunduhnya.

    Jika kalian mengalami kesulitan selama proses transfer, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kalian:

    1. Pastikan kalian tidak menggunakan kedua perangkat sampai proses transfer selesai. Jaga agar aplikasi "Pindah ke iOS" selalu terbuka di perangkat Android kalian. Jika kalian menggunakan aplikasi lain atau menerima panggilan telepon di perangkat Android sebelum proses transfer selesai, proses perpindahan data bisa terganggu dan batal.
    2. Nonaktifkan aplikasi atau pengaturan yang dapat memengaruhi koneksi Wi-Fi di perangkat Android kalian, seperti Sprint Connections Optimizer atau Smart Network Switch. Selain itu, cobalah untuk menghapus dan melupakan jaringan Wi-Fi yang telah dikenal sebelumnya di pengaturan Wi-Fi perangkat Android kalian sebelum melakukan transfer ulang (jaga-jaga jika system akan memindahkan koneksi ke wifi yang biasa kita gunakan).
    3. Jika mengalami masalah yang tidak bisa terselesaikan dengan 2 langkah diatas, coba restart kedua perangkat dan ulangi proses transfer dari awal.
    4. Jika masalah berlanjut, nonaktifkan sambungan data seluler di perangkat Android kalian dan coba melakukan transfer kembali.


    Penutup dan Kesimpulan

    Jadi, itulah langkah-langkah mudah untuk memindahkan data dari Android ke iPhone. Dengan mengikuti panduan ini, kalian dapat dengan mudah memindahkan kontak, pesan, transfer foto, dan file penting lainnya ke perangkat iPhone baru kalian. Jangan khawatir kehilangan data yang berharga saat beralih perangkat, karena Apple telah menyediakan solusi yang efisien dan aman untuk memastikan data kalian tetap terjaga.

    Untuk informasi lebih lanjut dan panduan yang lebih rinci, kalian dapat mengunjungi sumber resmi Apple di https://support.apple.com/id-id/HT201196. Selamat menikmati pengalaman baru dengan iPhone kalian!

    Komentar

    Kami mungkin memperoleh komisi ketika Anda mengklik tautan ecommerce dan membeli barang.
    Info lebih lanjut.

    Additional JS